MET PEN

MET PEN
1. a. (1). Mencari Populasi dan Sampel (2). Menetapkan dan menyusun Instrumen (3).Mengumpulkan data
b. (1). Objektif (2). Sistematis (3). Transparan
c. Dari poin b saya pilih yang No (2). Sistematis, kata sistematis berawal dari kata sistem yang berarti aturan baku yang menjadi panduan dalam karya tulis. Bisa kita pahami disetiap karya tulis yang tidak menggunakan sistematiaka penulisan tidak bisa dipertanggung jawabkan karena tidak landasan yang menguatkan.

2. a. Pertimbangan-pertimbangan yang akan dilakukan oleh peneliti adalah sejauh mana karya yang akan dihasilkan nanti bermanfaat dan mengsilkan sesuatu yang baru. Disisi lain, peneliti juga perlu mempertimbangkan waktu. Karena waktu yang relatif lama biasanya menentukan dan melahirkan yang andal. Tak hanya itu uang (modal) untuk biaya-pun juga harus dipertimbangkan sekalipun tidak terlalu menjadi gendala namun semakin banyak waktu yang kita habiskan dalam meneliti memerlukan dana.

3. a. Kalau yang akan diteliti mengenai masalah sosial maka metode yang pergunakan adalah metode kualitatif, karena mengenai kasus ini kalau merujuk terhadap peneliti-peneliti sebelumnya apabila kasus yang akan diteliti adalah masalah sosial maka yang digunakan penelitian kualitatif.
b. Kelebihan penelitian kualitatif adalah peneliti lebih dekat dengan informan (pemberi informasi) atau juga dapat disebut responden, dan peneliti lebih banyak mendapatkan informasi yang akan diteliti. Sementara penelitian kuantitatif kelebihannya adalah seorang peneliti tidak usah susah payah mencari informasi karena sudah ada data yang sudah terdokumentasikan. Dan kelemahan metode tidak terlalu luas menjabarkan data-data yang diproleh karena dibatasi dengan angka-angka.

4. a. Manfaat menentukan variabel/indikator yaitu agar alur hubungan dua alur atau lebih v ariabel dalam penelitian dapat dicari dan di analisis.
Pada intinya indikator variabel berfungsi sepenuhnya untuk mendeteksi variabel yang akan di ukur, tetapi perlu diingat bahwa indikator hanya muncul dari konsep variabel penelitian yang telah ditentukan sebelumnya.
b. Contoh kuesioner :
No. Pertanyaan Jawaban
Sering Kadang-kadang Tidak pernah
1. Untuk memperdalam mata kuliah apakah anda ingin melakukan diskusi dengan teman-teman?
2. Apakah Dosen anda menganjurkan untuk bekajar kelompok?
3. Adakah referensi lain yang dipakai Dosen anda untuk dianjurkan agar anda membacanya?


5. a.Manfaat konsep/teori yaitu untuk memberikan gambaran atau batasan-batasan tentang teori-teori yang akan dipakai sebagai landasan penelitian yang akan dilakukan, adalah teori mengenai varibel-variabel permasalahan yang akan diteliti.
b. Hipotesa alternativ juga dikatakan hipotesa kerja yang disingkat H1. Hipotesa alternatif menyatakan hubungan antara variabel X dan Y atau dan atau perbedaan antara Variabel X dan Y.
Contohnya : 1. Jika orang banyak makan maka akan bertambah berat badannya.
2. Ada perbedaan antara penduduk kota dan penduduk desa dalam cara berpakaian.

6. a. - data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari sumber.
- Data sekunder yaitu data yang sudah ada dan terdokumentasikan.
b. keuntungan masing-masing sumber yaitu agar tidak keliru dalam menentukan sumber data, maka peneliti paling tidak harus melihat kembali konsep, variabel dan indikator variabel serta pengukuran yang telah dirumuskan sebelumnya. Karena apabila salah dalam menentukan sumber data maka peneliti harus melakukan pengumpulan data ulang terhadap sumber data yang sebenarnya.

7. a.- hakikat populasi heterogen yaitu keseluruhan individu yang menjadi anggota populasi, memiliki sifat-sifat yang relatif sama satu sama yang lainnya. Sifat populasi seperti inibanyak dijumpai pada medan eksakta, contohnya air memiliki sifat yang homogen sehingga keseluruhan yang besar takterhingga dari air, sama dengan bagian kecil keseluruhan tersebut.
- hakikat populasi heterogen yaitu keseluruhan individu anggota populasi relatif memiliki sifat-sifat individual, dimana sifat tersebut membedakan individu anggota populasi yang satu dengan yang lainnya. Dengan kata lain bahwa individu anggota populasi memiliki sifat yang berfariasi sehingga memerlukan penjelasan terhadap sifat-sifat tersebut baik secara kualitatif maupun kuantitatif . padahal penelitian sosial, populasi heterogen menjadi tidak asing lagi dalam setiap penelitian. Hal ini disebabkan semua penelitian sosial berobjekkan manusia atau gejala-gejala dalam kehidupan manusia yang bersifat amat unik dan kompleks.
b. – makna penelitian populasi yaitu bersal dari bahasa inggris yaitu population, yang berarti jumlah penduduk.
Dalam penelitian kata populasi amat populer, digunakan untuk menyebutkan serumpun atau sekelompok objek yang menjadi sasaran penelitian.

8. a. Dokumentasi-dokumentasi yang berhubungan dengan kompetensinya.
b. SK pengangkatan, dan surat-surat penting lainnya.

9. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan metodologi groundied Theory dalam melakukan penelitian, dimana dalam studi pendekatan menekankan arti dari suatu pengalaman untuk sejumlah individu. Tujuan pendekatan Grounded Theory adalah untuk menghasilkan atau menemukan suatu theory yang berhubungan dengan situasi tertentu. Situasi dimana individu saling berhubungan, bertindak, atau terlibat dalam suatu proses sebagai respon terhadap suatu peristiwa. Inti dari pendekatan Grounded Theory adalah pengembangan suatu theory yang berhubungan erat kepada konteks peristiwa yang dipelajari.(Bungin, B.2007)
Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. FAIDI AL - GHIFARY - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger